Teknik dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

      
Cara memilih style untuk kutipan(citation)
  1. Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style.Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan. Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian informasi mana yang dibutuhkan ketika anda menambahkan sumber baru. Namun anda bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.
Cara menambahkan sumber:
  1. Klik teks pada akhir kalimat atau bagian yang membutuhkan kutipan.
  2. Pada tab References, di grup Citation & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Create Source, klik kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi   sumber. Field yang ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai dengan tipe sumber dan style kutipan.
  4. Ketikkan informasi tentang sumber, lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan  didalam dokumen dengan menggunakan style kutipan yang telah digunakan.
  5. Setelah Anda menambahkan sumber, Word akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri tersebut.
Cara menambahkan placeholder:
  1. Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Placeholder pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  2. Pada kotak dialog Placeholder Name, ketikkan nama untuk placeholder dan klik OK. Nama placeholder akan ditampilkan pada titik penyisipan di dalam dokumen.
Cara mengatur sumber:
 
                 1.  Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Manage Source

  1. 2.   Pada kotak dialog Source Manager, kotak daftar Master List menampilkan semua sumber yang telah Anda buat di dalam komputer, pada semua dokumen yang berisi kutipan, kecuali sumber yang telah Anda hapus. Kotak daftar Current List menampilkan sumber yang dikutip pada dokumen yang sedang dibuka, sumber yang tidak dikutip yang tersedia pada galeri Insert Citation, dan semua placeholder yang ada pada dokumen. Setelah Anda klik sebuah entry pada Master List atau Current List, Anda bisa melakukan hal berikut:

·         Klik tombol Copy untuk menyalin sumber ke daftar di sebelahnya.

·         Klik tombol Delete untuk menghapus sumber dari daftar.
·         Klik tombol Edit untuk mengubah informasi sumber.
         Preview yang ada di bawah kotak dialog Source Manager menunjukkan format sumber sebagai entry kutipan dan daftar isi yang menggunakan style kutipan yang dipakai saat itu.
       3.     Jika Anda ingin membuat sumber baru tanpa menambahkan kutipan pada teks      dokumen, klik   tombol New. Lengkapi entry pada kotak dialog Create Source, lalu klik OK. Kutipan akan ditambahkan di kedua daftar pada kotak dialog Source Manager.
              4. Jika Anda ingin mengurutkan daftar, klik kotak Sort dan pilih field untuk mengurutkan.
             5.   Klik tombol Close.
Daftar pustaka adalah  suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan dan penelitian.

 
Ada beberapa komponen dalam Teknik Penulisan Daftar Pustaka yaitu :
  • Nama penulis
  • Ditempatkannya didepan nama kecil
  • Tahun Penerbitan
     
  • Judul Buku
  • Tempat Penerbitan
  • Nama Penerbit
Adapun beberapa ketentuan serta aturan cara Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar yaitu :
  1. Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.
  2. Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
  3. Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
  4. Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya satu spasi.
  5. Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi
     
Cara membuat daftar pustaka:

1.      Klik microsoft word

2.      Klik references

3.      Pilih  citations dan bibliography
4.      Klik insert citation
5.      Kemudian pilih add new source
6.      Lalu klik add new source
7.      Kemudian ada taype of source
8.      Pilih sesuai yang kita inginkan misalnya: book, website, dll.
9.      Kemudian isi perintah yang telah tertulis di sana sampai selesai
10.  Lalu klik OK
 



 
 
(Tips dan solusi konfigurasi Router TL-WR70N)

Komentar